Mau Nge-root Androidmu Kenali Dulu Resikonya

Nge-root Android Resikonya
root android, super user logo
Hai sobat netter pada kesempatan kali ini demostie akan membahas tentang resiko kerugian dan keuntungan rooting pada device android. Sebelum melangkah pada pembahasan kerugian dan keuntungan, haruslah kita mengetahui apa definisi atau arti kata dari root dalam konteks root android device.
Menurut wikipedia Root adalah suatu akun sistem yang memiliki kekuasaan mutlak guna mengakses dan mengeksekusi semua berkas, perintah, dan sistem dalam sistem operasi berbasis Linux (termasuk Android). Intinya, ROOT memiliki akses tanpa batas untuk mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada di dalam sistem Android.

Kelebihan perangkat Android yang telah di root :
  • Akses tak terbatas dalam sistem operasi Android.
  • Dapat menghapus aplikasi bawaan vendor yang tidak diperlukan oleh pengguna.
  • Dapat melakukan backup aplikasi dan sistem sehingga ketika ingin melakukan instal ulang atau reset pabrik, pengguna tidak perlu mencari dan mengunduh lagi
  • Dapat mengubah tampilan melalui instalasi custom ROM atau bahkan mengupdate ke versi yang lebih tinggi yang tidak dirilis oleh vendor.
  • Dapat melakukan Overclock prosesor sehingga kinerja ponsel menjadi lebih cepat.

kekurangan perangkat Android yang telah di root:
  • Rentan terhadap virus, malware dan perangkat perusak.

Dengan semua kelebihan diatas tentu akan sangat mudah bagi advanced user untuk mengukustomisasi device android sobat tapi mungkin untuk user awam yang tidak tahu menahu tentang ngoprek devicenya root bukanlah hal yang sangat perlu bahkan tindakan nge-root device android termasuk berbahaya karena dengan melakukan rooting device maka garansi yang diberikan oleh pabrik akan hangus. Sebab dengan akses root user mungkin tidak sengaja merusak aplikasi/file di system yang sangat penting sehingga menyebabkan android devicenya tidak bisa dihidupkan.
Demikian informasi yang telah demostie share kali ini mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang belum mengetahui tentang resiko kelebihan dan kekurangan root device android..
Previous
Next Post »